HIKMAH IDHUL ADHA


Hari ini tanggal 09 Dzulhijjah, jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di Arafah maka umat Islam yang tidak melaksanakan wukuf disunnahkan untuk melaksanakan Puasa Arafah, untuk Jama’ah Hajji mari kita berdoa semoga hajji mereka diterima di sisi Allah sebagai hajji mabrur, dan untuk mereka yang tidak melaksanakan ibadah hajji, berkesempatan melaksanakan Puasa Arafah yang pahalanya dapat menghapus dosa-dosa selama setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Kalau kita lihat secara seksama, sebenarnya Islam mengajarkan kerjasama antara si Kaya dan si Miskin begitu harmonis. Orang kaya bisa terhambat masuk surga karena si miskin seperti tidak bayar zakat. Orang kaya akan kebingungan kalau nggak ada si miskin, seperti suatu saat nanti akan datang suatu zaman di mana tak ada yang mau menerima zakat (tidak ada mustahik zakat), itulah zaman akhir menjelang kiamat.

Ketika kita akan berkurban jangan berfikir mengorbankan harta kita, tapi hendaknya kita berfikir kita hanyalah penyalur rizki yang telah diberikan oleh Allah kepada kita, sebagaimana kata Al-Ustadz Zainuddin MZ, "Rizki ini adalah milik Allah untuk para dhu'afa cuman lewat tangan kita". Mari kita nikmati nikmatnya berbagi daging Qurban buat fakir miskin, tetangga, handai taulan, masyarakat sekitar, bahkan orang kafirpun boleh menerima asalkan bukan kafir yang sedang berperang dengan kita (kafir harbi).

Besok tanggal 10 Dzulhijjah adalah Hari Raya Idhul Adha, suatu hari kebesaran Umat Islam dalam berqurban. Setelah shalat ied kemudian kita menyembelih kambing, sapi, kerbau, atau unta kalau ada, untuk perta makan-makan buat mereka yang selama setahun nggak makan daging, maka hari raya qurban ini diusahakan bisa makan qurban dengan senang dan gembira, minimal sehari kalau masih cukup 3 hari tasyrik adalah hari makan dan minum.

Di antara hikmah hajji adalah :
  1. Hari raya berbagi daging qurban
  2. Hari raya yang mendekatkan orang kaya dan orang miskin, bisa sama-sama makan daging
  3. Hari peningkatan mutu makanan bagi mereka yang kekurangan daging
  4. Hati-hati bagi mereka menderita darah tinggi harap menyadari bahwa dirinya sedang dalam warning, janganlah Hari Raya Qurban ini akhirnya melupakan kita akan sakit kita akhirnya mengorbankan diri kita, atau mencampakkan diri kita dalam kematian.
  5. Yang merasa kaya hendaklah berqurban, Allah sedang menawarkan pahala besar buat mereka sampai dimana tingkat pengorbanan kita.
  6. Bagi yang miskin janganlah berebut qurban, karena yang miskin bukan ia saja tapi masih banyak saudara-saudara kita yang masih di bawah garis kemiskinan.
  7. Semakin semarak panitia - panitia qurban yang berusaha mencarikan binatang qurban kepada orang-orang kaya untuk disalurkan kepada mereka yang masih miskin.
aktivitas qurban :

Semoga Hari Raya Qurban Tahun ini menjadi hari Raya yang penuh dengan keberkahan
Kebersamaan mereka kita menyembelih qurban, tidak menampakkan mana yang kaya dan mana yang miskin mereka bersama-sama melaksanakan penyembelihan qurban








Semoga acara pembagian daging qurban bisa berjalan dengan lancar dan semoga sampai kepada mereka-mereka yang betul-betul membutuhkan sebagaimana foto tahun lalu. Sehingga mereka - mereka yang berada di bawah garis kemiskinan juga ikut merasakan nikmatnya hari raya ini.




Dan juga menjadi sarana pendidikan kepada anak-anak, sehingga mereka mengetahui makna dari pentingnya Hari raya Qurban ini. Semoga

No comments:

TWEET ME

huruf arab

Iklan Baris Gratis | Iklan Banner Massal
Pasang Iklan Massal | Iklan Banner Massal | Media Promosi Massal. Jasa Submit Link, Banner, Premium Ads Massal Termurah

PTC UERO DIBAYAR DOLLARS

IKLAN GRATIS

CHATING GROUP

BRO ZIEX

Contents of My Brain

PTC KLIK LANGSUNG DIBAYAR

TWEET

Tingkatkan Traffik Wesite Kamu Dengan Mendaftar di sini

Software Pengirim Iklan Baris Massal Plus Pengisi Captcha Otomatis

MILIST ALUMNI

Subscribe to AlumniBangil_Community

Powered by us.groups.yahoo.com